RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Tema : Bersyukur
Atas Keberagaman
Kelas/ Semester :
IV/ 1
Alokasi Waktu :
2 X 40
Menit (2 jam pertemuan)
A.
KI
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanyakan berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
B.
Kompetensi
Dasar
3.1
Bahasa Indonesia
Menggali informasi
dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,
dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2
Matematika
Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian,
pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan
3.5
IPA
Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan
indera pendengaran.
C.
Indikator
a.
Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dalam
bentuk tulisan
b.
Matematika
Melakukan
penaksiran terhadap banyak benda yang disajikan dalam gambar dan menemukan
hasilnya.
c.
IPA
Membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk percobaan
membunyikan botol-botol kaca
D. Materi Ajar
a.
energi bunyi
b.
menaksir jumlah
benda
c.
cerita
pengalaman
E.
Pendekatan
Saintifik
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Kegiatan Pembuka
|
1.
Mempersiapkan
media dan sumber belajar yang akan dipergunakan dalam pembelajaran
2.
menyanyikan
lagu kring-kring ada sepeda.
3.
menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
|
Kegiatan inti
|
1.
siswa
membentukm kelompok
2.
setiap
kelompok mendapatkan 3 botol kaca.
3.
siswa
mengisi botol kaca dengan air dengan volume berikut ini
-
botol 1
diisi penuh
-
botol 2
diisi setengah
-
botol 3
kosong (tidak diisi)
4.
setelah
semua kelompok telah mengisi botol kaca tersebut. guru memberikan pertanyaan
yang kemudian akan menjadi topik diskusi.
“pernahkah kalian memperhatikan suatu benda yang bergetar dan
menghasilkan bunyi, seperti garpu tala? jika garpu tala digetarkan akan
menghasilkan bunyi yang nyaring. nah semakin nyaring bunyi berarti
amplitudonya kuat.”
Apa itu amplitudo?
Kesimpulan yang diharapkan.
-
bunyi
mempunyai amplitudo yang berbeda-beda.
-
amplitudo
adalah kuat lemahnya bunyi.
5.
setelah
selesai diskusi, salah satu perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil
diskusi. hasil diskusi tersebut disampaikan secara urut dari awal kegiatan
percobaan sampai pada penarikan kesimpulan.
Selama diskusi guru berkeliling mengamati pekerjaan dan perilaku siswa
yang disubsitusikan ke dalam instrumen penilaian.
6.
siswa
diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum dimengerti berkaitan dengan
materi yang diajarkan
7.
siswa
bersama guru membuat kesimpulan dari energi bunyi dan penaksiran.
|
|
Penutup
|
1.
siswa
bersama guru membuat refleksi dari pembelajaran yang telah berlangsung.
2.
memberikan
penguatan dan penghargaan terhadap siwa.
3.
pemberian
tugas individu.
|
|
G.
Penilaian
Kriteria
|
Bagus
sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Perlu
dilatih
|
Bekerjasama
|
Bekerja untuk menyelesaikan tugas.
Menunjukkan sikap positif terhadap teman.
(4)
|
Sebagian besar sikap menunjukkan sikap positif
terhadap tugas dan teman terlibat untuk menyelesaikan sebagian besar tugas.
(3)
|
Terkadang dapat bekerja sama, menertawakan teman
atau hasil kerja teman.
(2)
|
Tidak bisa bekerja sama dengan teman dan menunjukkan
sikap negatif terhadap teman.
(1)
|
Artikel lainnya:
No comments:
Post a Comment