Friday, May 8, 2015

Contoh soal tematik kelas IV semester 2

Contoh soal tematik kelas IV semester 2 tema Indahnya Negeriku
Soal / pertanyaan pengetahuan merupakan evaluasi dari penilaian pengetahuan. Evaluasi proses dan hasil disajikan dalam instrumen penilaian. Berikut ini merupakan contoh soal pengetahuan dalam tema Indahnya Negeriku kelas IV semerter 2 :
·           Bahasa Indonesia
1.         Peragakanlah teks percakapan melalui telepon di depan kelas!
2.         Lengkapilah teks rumpang percakapan melalui telepon dengan bahasa yang santun!
·           IPS
1.      Sebutkan 4 contoh alat-alat komunikasi zaman dahulu!
2.      Sebutkan 4 contoh media komunikasi pada masa sekarang!
3.      Sebutkan nama-nama stasiun televisi yang ditayangkan oleh layar televisi di tempatmu!
4.      Apa sajakah dampak negatif yang kamu rasakan dengan adanya televisi?
5.      Sebutkan 4 contoh media komunikasi yang termasuk media cetak!
·           IPA
1.      Sebutkan 5 contoh benda di sekitarmu yang merupakan hasil pengolahan teknologi terhadap sumber daya alam!
2.      Ceritakanlah secara singkat proses pembuatan kertas!

3.      Sebutkan 5 contoh benda di sekitarmu yang terbuat dari bahan plastik!

Artikel lainnya:

Wednesday, May 6, 2015

Ide membuat bar rumah

Mendapatkan waktu luang untuk dihabiskan di rumah adalah sesuatu yang Anda akan membutuhkan ketika Anda berada di kantor. Hal ini dapat dilakukan bila Anda ingin menghabiskan waktu di rumah sendiri atau ditemani oleh teman-teman Anda. Jika demikian, Anda mungkin harus memiliki rumah bar kecil yang dapat Anda mendapatkan beberapa minuman santai dengan beberapa teman. Oleh karena itu, rumah bar furniture adalah hal yang akan Anda butuhkan untuk mendapatkan untuk rumah Anda. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat mencari mereka dengan harga rendah.

Mendapatkan rumah bar furniture dengan harga rendah bukan tentang apa jenis furnitur yang akan Anda butuhkan untuk bar rumah. Sebaliknya, Anda akan perlu menemukan tempat di mana Anda pikir Anda bisa mendapatkan barang dengan harga rendah. Jadi, tempat pertama yang dapat Anda coba untuk mencari mereka adalah toko online. Ada banyak dari mereka yang akan menawarkan furnitur untuk bar rumah, termasuk lemari kecil dan berbagai gaya kursi bar.

Anda juga akan bisa mendapatkan rumah bar furniture dari toko furnitur digunakan di sekitar Anda. Mungkin ada beberapa dari mereka yang akan menjual furniture bekas yang dapat Anda gunakan untuk bar rumah. Atau Anda hanya bisa mendapatkan mereka dari bar yang memiliki beberapa perabot yang mereka tidak menggunakan lagi. Dalam hal ini, Anda juga mungkin bisa mendapatkan mereka gratis.

Jika Anda cukup beruntung, Anda juga dapat menemukan beberapa garasi penjualan sekitar daerah Anda yang akan menjual rumah bar furniture dengan harga yang sangat rendah. Ya, bentuk mereka mungkin tidak menarik sebagai yang baru, tetapi Anda benar-benar dapat membuat mereka terlihat lebih baik dengan beberapa modifikasi.

Tuesday, May 5, 2015

Soal tematik kelas I semester 1 untuk tema Pengalamanku

Materi penjumlahan sampai dengan 20, perbedaan agama di Indonesia, dan menulis kata dan lambang bilangan

”Hari Raya Agama Dinda”

Hari ini adalah hari raya idul fitri

Hari raya idul fitri adalah hari raya umat islam

Dinda dan keluarga pergi ke masjid

Masjid adalah tempat ibadah agama islam

Di jalan Dinda bertemu dengan Rahma

Rahma akan pergi ke gereja

Dinda tiba di masjid.

Ada 8 orang di masjid.

Kelurga Dinda berjumlah 4 orang.

Adi datang ke masjid.

Adi datang bersama keluarganya.

Jumlah keluarga Adi ada 5 orang.

Pertanyaan:

1. Hari raya agama islam adalah ...

2. Tempat ibadah agama islam adalah ...

3. Apa nama agama Rahma?

4. Apa nama hari raya agama Rahma?

5. Berapa jumlah orang yang ada di masjid setelah keluarga Dinda dan Adi datang

Tuliskan bentuk penjumlahannya

a. Jumlah orang yang ada di masjid setelah keluarga Dinda datang.

1. Jumlah orang di masjid ada ...

2. Jumlah kelurga Dinda ada ..

3. Jumlah orang di masjid + jumlah keluarga Dinda adalah ...


b. Jumlah orang yang ada di masjid setelah keluarga Dinda dan Adi datang.

1. Jumlah orang di masjid setelah kelurga Dinda datang ada ..

2. Jumlah kelurga Adi ada ..

3. Jumlah orang di masjid setelah kelurga Dinda datang + jumlah kelurga Adi adalah ...

Artikel lainnya:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :   SD
Tema                      :   Bersyukur Atas Keberagaman
Kelas/ Semester     :    IV/ 1
Alokasi Waktu       :   2 X 40 Menit (2 jam pertemuan)

A.      KI
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

B.       Kompetensi Dasar
3.1  Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2  Matematika
Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan
3.5  IPA
Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

C.      Indikator
a.      Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dalam bentuk tulisan
b.      Matematika
Melakukan penaksiran terhadap banyak benda yang disajikan dalam gambar dan menemukan hasilnya.
c.       IPA
Membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk percobaan membunyikan botol-botol kaca

D.      Materi Ajar
a.       energi bunyi
b.      menaksir jumlah benda
c.       cerita pengalaman
E.       Pendekatan
Saintifik
F.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan Pembuka
1.      Mempersiapkan media dan sumber belajar yang akan dipergunakan dalam pembelajaran
2.      menyanyikan lagu kring-kring ada sepeda.
3.      menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti
1.      siswa membentukm kelompok
2.      setiap kelompok mendapatkan 3 botol kaca.
3.      siswa mengisi botol kaca dengan air dengan volume berikut ini
-          botol 1 diisi penuh
-          botol 2 diisi setengah
-          botol 3 kosong (tidak diisi)
4.      setelah semua kelompok telah mengisi botol kaca tersebut. guru memberikan pertanyaan yang kemudian akan menjadi topik diskusi.
“pernahkah kalian memperhatikan suatu benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi, seperti garpu tala? jika garpu tala digetarkan akan menghasilkan bunyi yang nyaring. nah semakin nyaring bunyi berarti amplitudonya kuat.”
Apa itu amplitudo?
Kesimpulan yang diharapkan.
-          bunyi mempunyai amplitudo yang berbeda-beda.
-          amplitudo adalah kuat lemahnya bunyi.
5.      setelah selesai diskusi, salah satu perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi. hasil diskusi tersebut disampaikan secara urut dari awal kegiatan percobaan sampai pada penarikan kesimpulan.
Selama diskusi guru berkeliling mengamati pekerjaan dan perilaku siswa yang disubsitusikan ke dalam instrumen penilaian.
6.      siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum dimengerti berkaitan dengan materi yang diajarkan
7.      siswa bersama guru membuat kesimpulan dari energi bunyi dan penaksiran.

Penutup
1.      siswa bersama guru membuat refleksi dari pembelajaran yang telah  berlangsung.
2.      memberikan penguatan dan penghargaan terhadap siwa.
3.      pemberian tugas individu.


G.      Penilaian
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu dilatih
Bekerjasama
Bekerja untuk menyelesaikan tugas.
Menunjukkan sikap positif terhadap teman.
(4)
Sebagian besar sikap menunjukkan sikap positif terhadap tugas dan teman terlibat untuk menyelesaikan sebagian besar tugas.
(3)
Terkadang dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasil kerja teman.
(2)
Tidak bisa bekerja sama dengan teman dan menunjukkan sikap negatif terhadap teman.
(1)


Artikel lainnya:

Wednesday, April 29, 2015

Model pendidikan di Finlandia

Tapi akan reformasi pendidikan menangkap di Inggris?
Itu ditagih sebagai salah satu reformasi yang paling radikal yang pernah dilakukan oleh negara-bangsa ketika Finlandia memutuskan untuk pindah dari "mengajar dengan subjek" untuk "mengajar dengan topik - pembelajaran berbasis phenomina, seperti yang telah disebut.

Itu - meskipun mungkin tidak akan dianggap seperti itu oleh siapa saja yang memiliki hubungan dengan sekolah Ringstabekk luar Oslo di Norwegia. Sekolah telah memulai reformasi yang sama 40 tahun yang lalu.

Jadi mungkin yang terbaik ditempatkan untuk mengadili pada bagaimana transformasi radikal telah tidur bawah.

"Kebanyakan orang tua sangat puas dengan sekolah," kata kepala sekolah yang Bjorn Bolstad. "Mereka menyadari bahwa itu benar-benar mempersiapkan anak-anak mereka untuk kehidupan kerja masa depan."

Kebijakan tersebut berubah menendang setelah guru mengamati bahwa murid tidak benar-benar terlibat dalam apa yang mereka pelajari di sekolah

Akibatnya mereka berubah menjadi mengorganisir diri dalam tim untuk memberikan pelajaran-topik berdasarkan. "Ketika guru dipekerjakan di sekolah ini (sekolah 425-murid untuk 13 sampai 16-year-olds), mereka tahu betul bahwa mereka harus bekerja sama dengan guru lain - dan bukan hanya orang-orang yang mengajarkan mata pelajaran yang sama sebagai diri mereka sendiri, "kata Bolstad.

Setiap tim terdiri dari 4-6 guru dan bertanggung jawab untuk 60 sampai 75 siswa. Sebagai contoh bagaimana mereka bekerja, siswa di kelas delapan (13-year-olds) akan sering mempelajari gempa bumi, gunung berapi dan kekuatan bumi lainnya - biasanya dianggap sebagai bagian dari geografi atau pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Sekarang, bagaimanapun, guru akan datang dengan beberapa alur cerita yang berbeda untuk pelajaran - meliputi mata pelajaran lain Dalam satu, mereka berpura-pura mereka harus mendaki Gunung Everest.

Ini mencakup studi tentang peta, cuaca dan iklim, membuat daftar peralatan yang mereka butuhkan, menghitung waktu yang mereka butuhkan, membuat anggaran untuk perjalanan dan berlaku untuk pendanaan dalam bahasa Inggris (bahasa asing).

Atau, mereka bisa fokus pada lingkungan dan keberlanjutan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak mereka untuk berkonsentrasi pada area wilayah mereka dan bekerja sebagai konsultan. Mereka menghasilkan laporan - fokus pada bidang tertentu seperti transportasi, energi dan limbah.

"Jika mereka untuk menghasilkan model, mereka harus bekerja dengan rasio dan matematika lainnya serta desain," kata Mr Bolstad.

Menariknya, sekolah masih harus mengikuti kurikulum nasional dan sistem penilaian nasional - dimana siswa masih mendapatkan nilai individu untuk setiap mata pelajaran tradisional. Mereka melakukan dengan baik di atas rata-rata - membuktikan pendekatan memberi mereka pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan.

"Tidak hanya itu tetapi juga memotivasi siswa untuk belajar demi belajar," kata Bolstad. "Siswa menjadi sangat terlibat dalam apa yang mereka lakukan di sekolah - kadang-kadang mereka tidak ingin istirahat karena mereka ingin melanjutkan pekerjaan mereka sudah mulai."

Apakah pendekatan akan menangkap di Inggris adalah titik diperdebatkan, meskipun. Sistem kami jauh lebih kaku dikendalikan oleh tes dan ujian sebagai murid bergerak melalui sistem pendidikan.

Ada, meskipun, clarion panggilan berkembang - yang didukung oleh CBI, Tristram berburu - Juru bicara pendidikan Buruh - dan Sekretaris Pendidikan Konservatif Nicky Morgan pindah dari "ujian pabrik" pendekatan untuk fokus pada pembangunan karakter dan menanamkan keterampilan komunikasi. Apa yang kita belum melihat belum adalah detail halus tentang bagaimana ini akan diterapkan pada sekolah-sekolah.

Artikel lainnya:
aneka kerajinan tangan untuk anak tk 
kerajinan tangan dari indonesia 
kerajinan tangan dari koran dan caranya 
kerajinan tangan dari sabun bentuk ikan 

Usulan menteri pendidikan Perancis

Kanselir Jerman Angela Merkel percaya persahabatan politik antara kedua negara tidak akan lengkap kecuali lebih muda dari kedua negara berbicara dua bahasa - dan akan meningkatkan subjek dengan Presiden Perancis François Hollande

Sebagai sejarah Franco-Jerman pertengkaran pergi, yang satu ini tampaknya ringan - dan agak membingungkan. Ia pergi, namun, untuk jantung masalah Franco-Jerman: setengah abad setelah kedua negara menandatangani perjanjian yang menjanjikan untuk membawa rakyat mereka lebih dekat bersama-sama, warga negara mereka hidup sebagian besar back-to-back kehidupan.

Pemerintah mereka mungkin mitra dalam politik Eropa tetapi meminta setiap orang muda Perancis untuk nama populer Jerman band rock - atau sebaliknya - dan jawabannya adalah mungkin menjadi kosong.

Sekarang Menteri Pendidikan Perancis telah memicu badai lintas Rhine dengan mengusulkan untuk menghapuskan kelas khusus yang memungkinkan beberapa pintar Perancis 11-year-olds untuk belajar bahasa Jerman bersama Inggris dari tahun pertama sekolah menengah. Sebaliknya, kata menteri, Najat Vallaud-Belkacem, semua anak di Perancis akan diajarkan bahasa modern kedua pilihan mereka dari usia 12.

Ms Vallaud-Belkacem menegaskan bahwa proposal itu akan meningkatkan jumlah penutur Jerman di Prancis. Petisi beredar di internet dan marah komentar oleh para menteri Jerman menyarankan sebaliknya. Mereka mengatakan bahwa penghapusan "dua bahasa" kelas akan menjadi lonceng kematian dari berbahasa Jerman di Perancis. Diberi pilihan bahasa modern kedua di 12, banyak anak Perancis akan memilih Spanyol, Italia atau Rusia.

Tuesday, April 28, 2015

Cara menggambar mickey mouse

LANGKAH 1. Gambar lingkaran untuk kepala / wajah, kemudian sketsa dalam pedoman wajah.

cara menggambar mickey mouse untuk anak-anak langkah 2 LANGKAH 2. Mulai di atas, mulai menggambar sisi kepala Mickey, kemudian berhenti untuk menarik setiap telinga bulat.

cara menggambar mickey mouse untuk anak-anak langkah 3 LANGKAH 3. Menggunakan bentuk lingkaran yang Anda buat pada langkah satu, menentukan struktur wajah Mickey. Perhatikan bahwa dagu loop untuk mulut Mickey dan alis melengkung untuk mata.

cara menggambar mickey mouse untuk anak-anak langkah 4 LANGKAH 4. Membuat dua oval panjang mata berbentuk seperti demikian, maka menarik untuk benjolan hidung Mickey.

cara menggambar mickey mouse untuk anak-anak langkah 5 LANGKAH 5. orang Hampir selesai hanya melanjutkan pada. Apa yang Anda perlu lakukan di sini adalah menggambar bentuk hidung Mickey, kemudian menarik garis besar senyum lebar dan lesung di setiap sudut mulutnya. Jangan lupa untuk menarik siswa juga.

cara menggambar mickey mouse untuk anak-anak langkah 6 LANGKAH 6. Finish off gambar dengan menambahkan bibir bawah Mickey dan lidah. Menghapus kesalahan serta pedoman Anda buat.

cara menggambar mickey mouse untuk anak-anak langkah 7 LANGKAH 7. Berikut adalah orang-orang menggambar selesai. Yang harus Anda lakukan sekarang adalah warna dalam karakter Disney favorit Anda dikenal sebagai Mickey Mouse.

Artikel lainnya:
tas kertas kerajinan tangan dari koran bekas 
contoh kerajinan tangan daerah 
kerajinan tangan dari barang bekas dan cara pembuatannya 
kerajinan tangan dari bahan botol plastik bekas 

Monday, April 27, 2015

Model Pembelajaran Two Stay Two Stray

Model TSTS adalah salah satu model pembelajaran kooperatif. model pembelajaran ini memiliki ciri khusus. berikut ciri-ciri model pembelajaran two stay two stray:
1. dalam menuntaskan materi pembelajaran siswa diminta untuk membentuk kelompok belajar.
2. siswa dikelompokan dari yang mempunyai kemampuan rendah, sedang dan tinggi.
3. dimungkinkan anggota dalam kelompok terdiri dari mereka yang memiliki perbedaan suku, agama, budaya, ras, dan jenis kelamin.
4. orientasi dari penghargaan lebih ke kelompok daripada individu.

tujuan dari model pembelajaran ini adalah agar siswa mampu menyimak materi dengan baik. model pembelajaran ini sama dengan model pembelajaran kooperatif. siswa diharapkan mampu bekerjasama dan  mampu menemukan konsep.