Friday, May 8, 2015

RPP tematik kelas 1

Rencana pelaksanakan pembelajaran untuk kelas I tema diriku. Tema Dirku dengan gabungan mata pelajaran berupa IPA, Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika.
Materi pembelajaran meliputi tubuh manusia dan melafalkan lagu anak-anak. Pendekatan yang digunkan adalah pendekatan Saintifik dengan metode pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching Learning (CTL).
Berikut adalah langkah-langkah kegiatan pembelajarannya
a.     Pendahuluan
1.        Guru mengecek kesiapan siswa untuk belajar.
2.        Dengan menggunakan gambar tubuh manusia, siswa menyebutkan bagian-bagian tubuh sambil menunjuk ke bagian tubuh tersebut.
3.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengajak siswa bertepuk tangan agar bersemangat dalam belajar.
b.     Inti
1.      Siswa ke depan kelas secara bergantian dan menyebutkan bagian-bagian tubuh sendiri secara urut dari kepala sampai kaki.
2.      Dengan menggunakan kartu bergambar tiap-tiap bagian tubuh, siswa melakukan kegiatan pengamatan tentang kegunaan bagian-bagian tubuh.
3.      Siswa mempraktikkan kegunaan anggota tubuh dan menyebutkannya secara bersama-sama.
4.      Siswa menyebutkan jumlah masing-masing anggota tubuh secara berulang-ulang.
5.      Berpasangan dengan teman sebangku, siswa menghitung jumlah bagian-bagian tubuh dengan pasangannya secara bergantian.
6.      Secara bergantian, 2 orang siswa tampil di depan panggung kelas untuk menyebutkan bagian tubuh tertentu dan menyebutkan namanya. Setelah itu, siswa saling bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya tentang anggota tubuh dan kegunaannya.
7.      Siswa bernyanyi lagu “Dua Mata Saya”.
c.      Penutup
1.      Siswa bertanya jawab tentang hal yang dipelajarinya dan menuliskannya dalam buku tulis masing-masing.
2.      Siswa mendengar pesan-pesan moral guru untuk menjaga dan memanfaatkan semua anggota tubuh sebagai karunia Tuhan yang disyukuri.
3.      Guru memberi penghargaan kepada seluruh siswa atas usahanya dalam belajar.
Penilaian berupa tes tertulis dan unjuk kerja.

Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment