Monday, May 25, 2015

Tahapan pembelajaran pendekatan NHT (Numbered Heads Together)

NHT adalah suatu pendekatan yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut sebagai gantinya mengajukan pertanyaan kepada seluruh kelas.
Pembelajaran NHT mempunyai langkah pembelajaran sebagai berikut:
1.      Persiapan
Pembelajaran dirancang dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
2.      Pembentukan kelompok
Dalam pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran berkelompok NHT. Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 sampai 5 orang siswa.
3.      Diskusi masalah
Dalam kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Setiap siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa setiap orang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru.
4.      Memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban
Guru menyebut nomor dari siswa di setiap kelompok yang nomornya telah disebut mengangkat tangan dan bersiap untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas, sedangkan siswa yang lain memperhatikan dengan seksama untuk selanjutnya memberi tanggapan terhadap paparan hasil diskusi.
5.      Memberi kesimpulan
Guru memberikan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan. Dan juga membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajarai.
6.      Memberikan penghargaan
Tahap ini adalah tahap dimana guru memberi siswa penghargaan berupa kata-kata pujian dan memberi nilai yang lebih tinggi kepada kelompok yang hasil belajarnya lebih baik.


Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment